Membantu Peneliti COVID-19 Dengan PC / Laptop Rumah Kita

TL;DR: Kita bisa membantu ilmuwan dalam penelitian COVID-19 untuk mencari terapi baru atau bahkan vaksin untuk COVID-19 menggunakan PC atau laptop kita.

Pengantar

Dalam melakukan penelitian, para ilmuan sering menggunakan supercomputer untuk mempelajari dan melakukan simulasi terhadap apa yang ditelitinya. Misalnya dalam penelitian virus Corona, ilmuan mempelajari bagaimana virus dapat menyebar, bagaimana virus tersebut menginfeksi tubuh manusia, mencari solusi hingga mencoba menciptakan vaksin.

Superkomputer dapat memproses kalkulasi dan simulasi yang berkaitan dengan bioinformatika, epidemiologi, dan molecular modeling, membantu para ilmuwan menjawab pertanyaan ilmiah yang kompleks tentang COVID-19 dalam hitungan jam atau hari (yang bilamana dilakukan menggunakan komputer atau server biasa dapat memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan).

Permasalahannya, saat ini superkomputer yang ada dan berjalan masih belum cukup untuk melakukan semua simulasi yang diperlukan.

Salah satu solusinya adalah menggunakan metode distributed-computing yang memungkinkan siapa saja yang memiliki komputer atau laptop bersama-sama menggunakan resource komputernya untuk melakukan simulasi. Satu dari sekian banyak projek distributed-computing adalah Folding@home.

Tentang Folding@home

Kita mungkin tidak punya superkomputer di rumah kita (karena seharusnya memang tidak :nohope:), tetapi itu tidak berarti PC atau laptop kita tidak dapat melakukan apa pun dalam memerangi COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona. Di sinilah Folding@home berperan dalam mengatur puluhan ribu komputer biasa (seperti komputer kita) untuk melakukan simulasi yang sangat kompleks dari sebuah virus, memecahnya menjadi bagian-bagian kecil sehingga komputer biasa dapat melakukan simulasi tersebut.

Tujuan dari Folding@home adalah untuk memahami protein folding, penyakit yang diakibatkan oleh protein misfolding, dan cara-cara untuk mengembangkan obat / vaksin baru.

Bagaimana cara kerjanya?

Untuk membantu para ilmuwan membuat vaksin untuk COVID-19, kita dapat mendownload software Folding@home , menginstal, kemudian menjalankannya.

Setelah itu, kita dapat melanjutkan aktivitas kita seperti biasa, saat software bekerja di background process untuk mendownload “tugas” kecil dari server, menjalankan simulasi dan komputerisasi menggunakan CPU / GPU time yang tidak digunakan, lalu kemudian mengupload hasil untuk digunakan ke dalam studi penelitian. Setelah selesai, komputer kita mendownload “tugas” berikutnya. Dengan demikian, Folding@Home dapat menjalankan kalkulasi kompleks pada jutaan PC untuk membantu penelitian protein folding.

  • Komputer kita dapat menyelesaikan “tugas” (Work Unit) dalam beberapa jam, atau beberapa hari, tergantung pada beberapa faktor.
  • Jika memiliki spesifikasi game PC / kamu seorang miner cryptocurrency, Kamu bisa melakukan simulasi dan “tugas” yang diberikan lebih cepat daripada PC biasa.

Folding dengan devilzc0de.id Team

Setelah mendownload software tersebut, kamu bisa bergabung dengan devilzc0de.id Team di Folding@home dengan memasukan team ID #267146 .

Credits and Further Reading: