Intro to programming

Assalamu’alaikum Wr Wb . . .

Pada tulisan ini Saya akan membahas secara ringkas tentang konsep-konsep umum pemrograman komputer. Kepada para pembaca yang menemukan berbagai kesalahan pada tulisan ini, mohon diposting perbaikannya sehingga Saya dan Pembaca lain dapat mengetahuinya, sebelumnya Saya sampaikan terima kasih.

Setiap bahasa pemrograman memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Namun, seluruh bahasa pemrograman computer mengikuti konsep-konsep umum pemrograman yang berlaku terhadap semua bahasa pemrograman.

HTML dan CSS bukanlah bahasa pemrograman melainkan hanya sebagai penanda (marker) dan pemanis tampilan (styler).

Konsep-konsep Umum Pemrograman Komputer

  1. Statement (Pernyataan)
    Statement adalah sebaris kode yang melaksanakan perintah tertentu. Setiap statement memiliki penanda akhir (ada juga yang menggunakan penanda awal) yang biasanya merupakan titik koma (:wink: atau baris baru untuk memisahkan perintah-perintah.

  2. Variable (Variabel)
    Variable adalah penanda yang bertugas untuk menyimpan (mengingat) suatu nilai selama proses program berjalan. Sebagai contoh, x+6=9 maka variable x menyimpan (mengingat) nilai 3. Variable memiliki awalan khusus pada sebagaian bahasa pemrograman seperti awalan tanda dolar ($) dan awalan var. jika menginginkan variable tidak menyimpan (mengingat) nilai apapun, kita dapat memberikan “null” kepadanya.

  3. Data Type (Tipe Data)
    Data Type erat hubungannya dengan variable dan function (fungsi). Data Type mendefinisikan tipe data apa yang disimpan (diingat) oleh variable atau fungsi. Berikut Data Type yang umum pada bahasa pemrograman komputer, integer (bilangan bulat dalam range kecil), long (bilangan bulat dalam range besar), float (pecahan dalam range kecil), double (pecahan dalam range besar), char (satu karakter), string (kumpulan karakter), dan Boolean (True or False [0 or 1]).

  4. Constant (Konstanta)
    Constant adalah variable yang memiliki (menyimpan atau mengingat) suatu nilai tetap. Sebagai contoh, Constant Phi (π), akan selalu bernilai 3,14.

  5. Array (Larik)
    Array adalah variable yang memiliki (menyimpan atau mengingat) banyak nilai, bahkan array dapat mengingat array yang disebut dengan multi-dimensional array atau matrix. Setiap lapisan array memiliki kunci (atau index) dan nilai yang terhubung kepadanya. Kunci-kunci pada array biasanya dimulai dari 0, akan tetapi kunci tidak harus angka, dapat juga berupa hurup atau kata, array yang demikian disebut dengan associative array.

  6. Declaration (Deklarasi)
    Declaration adalah tindakan mendeklarasikan variable atau function (fungsi) sebagai Data Type tertentu. Contoh:
    Int agent;
    Kode diatas mendeklarasikan variable agent sebagai int(eger) atau bilangan bulat dalam range kecil.

  7. Definition (Definisi)
    Definition adalah tindakan memberikan nilai kepada variable. Baris kode yang mendefinisikan tersebut disebut dengan Expression. Namun, expression tidak hanya mendefinisikan tetapi juga merupakan baris yang melakukan proses perhitungan atau hal lain yang menghasilkan nilai.

  8. Operator
    Operator adalah lambang yang digunakan dalam expression untuk melakukan perhitungan atau perbandingan. Perhitungan dan perbandingan tersebut, selain melibatkan operator, juga melibatkan apa yang disebut dengan Operand. Sebagai contoh:
    X+3=6
    X,3,6 -> Operand
    6 -> Result (Hasil)
    X -> Variable
    +,= -> Operator
    = -> Assignment (Penugasan)

  9. Escape
    Escape adalah karakter khusus yang digunakan untuk melewatkan karakter khusus yang telah menjadi bagian dari mesin. Karakter escape adalah backslash () sedangkan karakter khusus yang ingin dilewatkan biasanya adalah backslash itu sendiri (\), \n, \”, \t, dan lain-lain.

  10. Keyword (kata Kunci)
    Keyword adalah kata-kata kunci yang menjadi bagian dari mesin pemrograman. Kata-kata kunci tersebut seperti for, loop, switch, struct, do, while dan lain-lain. Kata-kata kunci ini tidak bias dijadikan nama dari variable atau fungsi.

  11. Comment (Komentar)
    Comment adalah catatan (komentar) yang berfungsi sebagai keterangan baris kode atau program. Cara penulisan comment ada bermacam-macam dan fungsi dari aturan penulisan ini adalah untuk memberi tahu mesin supaya comment yang kita buat diabaikan. Dengan kata lain, baris-baris comment yang kita buat tidak akan diproses oleh mesin dan dianggap “Tidak Ada”. Berikut contoh-contoh dari aturan penulisan comment:
    /* komentar dengan banyak jumlah baris */
    // komentar satu baris
    ‘ komentar satu baris

komentar satu baris

; komentar satu baris
rem komentar satu baris

  1. Branch (Cabang)
    Program akan berjalan dari kode awal (atas) sampai kode akhir (bawah). Namun, Programmer (Pembuat Program) dapat memerintahkan program melompat ke suatu bagian kode, tidak harus berurutan. Konstruksi yang sering digunakan adalah if/else dan switch.

  2. Looping (Pengulangan)
    Looping adalah konsep yang memerintahkan program untuk melakukan pengulangan terhadap satu atau lebih perintah selama kondisi tertentu. Untuk memaksa program keluar dari kondisi looping, kita dapat memberikan perintah Break. Konstruksi yang sering digunakan dalam looping adalah do . . . while, for, dan foreach.

  3. Function (Fungsi)
    Function adalah blok kode yang melakukan satu atau lebih perintah dan dapat dipanggil dari kode lain bahkan dapat memanggil dirinya sendiri. Function yang memanggil dirinya sendiri disebut dengan Recursive Function. Dalam melaksanakan tugasnya, biasanya function memerlukan data awal yang akan diproses. Data awal yang diberikan kepada function disebut dengan Argument, karena argument ini untuk function maka sering juga disebut dengan Fanction Argument. Function mengembalikan (memberikan) suatu nilai kepada pemanggilnya yang selanjutnya nilai tadi biasanya disimpan oleh variable.

  4. Scope
    Scope adalah konsep penentuan lingkungan berlakunya suatu variable atau function. Scope terdiri dari Global (External), Local, dan Static. [ Ada beberapa scope lagi tergantung dari bahasa pemrograman yang digunakan]. Misalnya, variable GrayHat hanya (hanya boleh) berlaku di function WhiteHat, dan tidak berlaku (tidak diketahui) oleh function BlackHat, maka variable GrayHat memiliki scope Local.

  5. Module
    Module adalah file-file mandiri yang melaksanakan perintah-perintah tertentu dan biasanya perintah-perintah tadi saling berkaitan dan rumit. Programmer dapat langsung memanggil (Load) file-file tadi ke program buatannya dengan aturan-aturan tertentu. File-file ini disebut dengan Library dan terdapat beberapa Library standar yang disediakan oleh perusahaan pembuat mesin bahasa pemrograman yang bersangkutan.

Sekilas OOP (Object Orinted Programming)
OOP adalah konsep pemrograman yang memberlakukan segala sesuatunya berdasarkan Object (Objek). Untuk OOP perlu pembahasan tersendiri. Insya Allah, Saya akan membahas tentang OOP pata tulisan berikutnya.

Demikian, semoga bermanfaat!
Wassalamu’alaikum Wr Wb . . .

kebetulan ane belum bsa program, baru mau belajar :malu:
nice share bro :piss:

wahh … nice bro … izin :belajar: dulu … :mantap:

wah sama omz ane juga anak programing tapi ane maasih newbie gan

n klo squencing termasuk gx tuh

eheheheheh

I Like It

:dugem:dugem:dugem:dugem:dugem:dugem

saya tidak bisa programming :suram:

Nice om…
DItunggu seri berikutnya…
General PL :smangat::smangat:

Squencing juga termasuk ke dalam pemrograman. Squencing bisa diartikan secara muda sebagai ‘urutan’, bisa urutan pelaksanaan perintah atau urutan-urutan data pada array atau jika di python sequence mengarah kepada list, tuple, dan dictionary.

Sifat dari bahasa pemrograman pada dasarnya adalah sequnce, yaitu pelaksanaan pengekskusian perintah berurutan dari atas ke bawah (awal dan akhir) dari kode yang kita buat. Sifat ini terkadang tidak kita butuhkan, untuk itu terciptalah branch (percabangan) dan looping(pengulangan) dan lebih diperluas lagi muncullah mahluk yang disebut OOP (object oriented programming), pemrograman berorientasi objek yang melihat ‘segala sesuatu’ dalam perograman sebagai objek, sehingga sequnce (urutan) tadi tidak kentara lagi kelihatanya.

Aduh, jadi bingung juga, maklum saya juga newbie om. Salam kenal

wah sama donk ane juga tapi ane kurang paham sama pemograman phiton

n om deacriptor ada tutor java yang bahasa indo gx

salam knl juuga

mau nanya nih, kalo cara looping dengan inputan string itu gimana caranya? apa manggil fungsi? soalnya beda sama looping angka 1-10 kyk biasa.
contohnya mau ngelooping kata hello world sebanyak 10x…
mohon bantuannya

Ini ada dikit, moga bermanfa’at:

  1. https://tutorialpemrogramanjava.blogspot.com/
  2. https://eecchhoo.wordpress.com/2008/08/11/download-tutorial-pemrograman-java-bahasa-indonesia/
  3. https://indodesain.org/2008/06/03/tutorial-dasar-pemrograman-java-berbasis-gui-menggunakan-netbeans/

pusing klo baca teori :((

ada banyak teknik:

[contoh pakai python]

for x in range(10):
. . . print ‘Hello’
. . .
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello

print ‘Hello \n’ * 10
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello

for x in (‘abcdefghij’):
. . . print ‘Hello’
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello

x = 1
while x < 11:
. . . print ‘Hello’
. . . x = x + 1
. . .
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello
Hello

dll, tergantung bahasa pmrograman yang digunakan :slight_smile:

Ya kk emang pusing, tapi n00b kayak ane harus bnyak2 teori dulu sambil praktek dikit demi sedikit. Klo langsung praktek tanpa tau teorinya, apa yang mw dipraktekin kk.

gan, ada ebook python yang dimulai dari dasar banget ga? yg saya punya materinya tuh langsung loncat2 ke advance gitu.
kalo engga yang kk punya aja ebooknya, minta linknya kaks.

https://www.alan-g.me.uk/
https://www.tutorialspoint.com/python/
https://www.thenewboston.com/?cat=40&pOpen=tutorial
https://www.saltycrane.com/blog/tag/python/


https://www.securiteam.com/tools/5IP0L20I0E.html
https://sldn.softlayer.com/06/2007/api-hacking-fun-with-python/
https://www.larsen-b.com/Article/208.html
https://geofft.mit.edu/blog/sipb/73
https://dandies.org/files/tag-python.html
https://packetstormsecurity.org/search/files/?q=python
https://www.l33thackers.com/archive/index.php/thread-456.html
https://www.l33thackers.com/archive/index.php/thread-1052.html
https://www.l33thackers.com/archive/index.php/thread-459.html
https://www.farmckon.net/2009/08/rlcompleter-how-do-i-get-it-to-work/

https://vermeulen.ca/python-win32api.html
https://www.lfd.uci.edu/~gohlke/pythonlibs/
https://timgolden.me.uk/python/win32_how_do_i.html
https://www.ilhamzzz.co.cc/2010/10/sql-injection-dengan-python_30.html
https://www.tutorialspoint.com/python/python_basic_operators.htm

Klo ebook nya, ada yang bhasa english, PM aja klo minat…

n=int(raw_input("faktorial: "))
def faktorial(n):
if n <= 1: return 1
else: return n*faktorial(n-1)
print faktorial(n)

bisa bantu ga gan? ini program buat nyari faktorial nilai.
tp saya blom bisa outputnya yang ada perulangan angkanya.
saya pengen outputnya ada perulangannya,misalnya faktorial 5 = 5 x 4 x 3 x 2 x 1 = 120

def faktorial(n):
… if n <= 0:
… return 1
… else:
… return n * faktorial(n-1)

def printing(n):
… fak = faktorial(n)
… while n > 0:
… print ‘%s x’ %n,
… n = n - 1
… print ‘\b\b= %s’ %fak

printing(5)
5 x 4 x 3 x 2 x 1 = 120

inputnya mana brur?:belajar:

sejujurnya gan ane paling suka dengan teori … tapi kalau terus mempelajari dari teori … mana bisa maju … tanpa praktek sedikitpun kalau seseorang sudah mengerti sesuartu ttg programing langsung aja di coba jangan nunggu teori selanjutnya … tapi buat TS tetap lanjutkan sharing into to Programing !! :mantap: :asik: :santai:

ya tinggal dikembangin sob, inputnya ya masukan ke parameter fungsi printing. bisa kyak gini:

tester = raw_input('Masukkan Bilangan: ')
printing(tester)

[Baunya tugas kuliah ni :slight_smile: ]

Yup, benar gan tapi ane masih newbie jadi blom bisa ngasih yang hebat-hebat, baru ini yang bisa saya bagi . . .

bukan tugas kuliah kok gan.
oke thx pencerahannya :smiley: