Definisi Lossless Compressed Audio Format

assalamualaikum :pinter:

Mungkin lo bertanya-tanya apa itu Lossless dan apa itu Lossy, mereka adalah merupakan kompresi (convert).
Di sini akan gue jelaskan mengenai perbedaan dan keunggulan masing-masing terutama keterkaitannya dalam dunia audio.

Lossless Format
Lossless compressed audio format, atau cukup disebut lossless format, adalah sebuah format audio yg dapat menyimpan data dengan size yg lebih kecil dari uncompressed format, namun dengan kualitas yg identik.
Lossless audio dihasilkan dari sebuah proses kompresi lossless, yg berarti proses pemampatan dengan cara mempertahankan data yg benar2 terpakai dan membuang data yg tidak diperlukan (dikenal dengan sebutan statistical redudancy).
Secara teori, lossless audio memiliki ukuran 55% - 65% dari ukuran uncompressed, namun angka ini bisa lebih rendah atau lebih tinggi, tergantung dari banyak dan kompleksnya data yg di-encode dari sumbernya.
Beberapa contoh lossless format adalah : FLAC, Monkey’s Audio, WMA Lossless, Apple Lossless dan WavPack.

Perbedaan format lossless bisa ditemukan di sini.

Lossy Format
Lossy format dihasilkan dari proses lossy compression dengan tingkat kompresi yg lebih tinggi dari lossless, yg berarti pada proses kompresinya terjadi penghapusan data demi menekan ukuran file menjadi lebih rendah. Ini berbanding terbalik dengan pengertian lossless compression, dimana tidak ada degradasi kualitas pada output file.
Secara teori, tujuan utama lossy compression adalah membuang informasi pada audio yg tidak terlalu dapat terdengar oleh telinga (metode Psychoacoustics), namun pada prakteknya, akan ada noticeable differences antara lossy dengan lossless dan uncompressed format, terutama jika dikomparasikan pada high-end sound system.
Tingkat kompresi pada lossy dibagi menjadi beberapa level, dengan bitrate yg menjadi patokan utamanya. Semakin tinggi bitrate yg dipilih, semakin rendah tingkat loss of quality yg dihasilkan, vice versa.
MPEG Audio Layer III (file format mp3), Advanced Audio Coding (.m4a), Windows Media Audio (.wma), Musepack (.mpc) dan Vorbis (.ogg) adalah beberapa contoh lossy format yg populer saat ini. [Mainstream]

Uncompressed Audio Format
Uncompressed audio format adalah sebuah format audio tanpa kompresi, yg berarti dapat menyimpan audio dengan tetap mempertahankan keutuhan setiap bit dan sample rate dari sumber ia dihasilkan. Sebagai contoh, sebuah file uncompressed yg dihasilkan dari proses rip sebuah audio cd jg mempunyai spesifikasi yg sama dengan source-nya (2 channel PCM, 44kHz sample rate dan 16 bit depth). Selain dipilih untuk rip CD, format uncompressed jg lazim digunakan sebagai output format dari proses recording di software DAW (Digital Audio Workstation).
WAV (Windows) & AIFF (Mac OS) adalah contoh file format yg digunakan untuk menyimpan uncompressed PCM audio. Tanpa kompresi, maka wajar bila file WAV dan AIFF memiliki ukuran yg lebih besar dari compressed format. Selain itu, walaupun men-support metadata, informasi audio di WAV dan AIFF hanya dapat ditulis dan dikenali oleh player tertentu, seperti contohnya foobar2000 untuk WAV dan iTunes untuk AIFF.

Lossless lebih stabil dibanding Lossy
hal terbaik dari lossless format adalah kita bisa meng convert FLAC ke WMA Lossless dan kebalikannya sebanyak yang kita mau tanpa kehilangan kualitas sedikitpun. Semuanya sama untuk format lossless. Dengan lossy format (MP3) tiap kali kita convert, kita akan kehilangan kualitas dan tidak bisa mendapatkannya kembali.

Apakah Lossless termasuk High Quality audio?
Banyak “HQ audio” modern kini dikembangkan dalam bentuk lossless (WAV, FLAC, WMA Lossless, dan Apple Lossless). Namun kembali lagi seperti yg saya postingkan diatas, lossless tidak semuanya bermutu tinggi. Tidak tertutup kemungkinan lossless fake diproduksi, yaitu menggunakan mp3 320Kbps lalu dijadikan lossless. Mungkin untuk orang awam tidak akan tau, tetapi untuk orang yang sering mendengarkan audiophile yang menggunakan analog player maka mereka akan langsung menemukan perbedaannya.

Tool buat ngecek Audio Lossless
Ada beberapa Tool buat ngeliat Spectrum FLAC, APE, WAV yg kita unduh. Apakah Real dari CD atau Fake dari Format lossy yang di Encode kembali. Diantaranya adalah Spectro dan Audiochecker.

Player yang bisa dipakai untuk memainkan Audio Lossless terutama Format .Flac.

[list]
[] Foobar2000
[
] Aimp
[] Winamp
[
] VLC
[] MediaMonkey
[
] Windows Media Player
[*] Dll
[/list]

[quote]Bingung Cara Ripping CD ke Flac Klik Ini

Contoh Format Flac
:hmm:

Contoh Format Mp3
:mantap:

Download foobar2000 :hore:

Download FLAC
:wawa:[/quote]

Sekian Dan Terima Kasih Assalamualaikum :pinter:

skalian sample dong :smangat:

udah ada nil diquote bawah :yes:

skalian jadiin tempat rikues aja :smangat:

rikues pertama, terserah lagu apa,yg penting band INDO lossless :smangat:

cucak rowo aja dulu first sample nya